Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran penting yang mengasah kemampuan komunikasi global siswa. Di tingkat SMA, khususnya kelas 10 semester 2, materi yang diajarkan mulai bervariasi dan menantang, mempersiapkan siswa untuk jenjang yang lebih tinggi. Pada tahun ajaran 2017/2018, kurikulum yang berlaku adalah Kurikulum 2013 (K13) yang menekankan pada pendekatan tekstual dan komunikatif. Artikel ini akan membahas contoh-contoh soal Bahasa Inggris Kelas 10 Semester 2 tahun 2018 yang representatif, lengkap dengan pembahasan, serta strategi untuk meraih nilai terbaik.
Pendahuluan: Memahami Konteks Ujian Bahasa Inggris Kelas 10 Semester 2
Ujian Bahasa Inggris di kelas 10 semester 2 memiliki tujuan untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap berbagai jenis teks, tata bahasa (grammar), kosakata (vocabulary), serta kemampuan mereka dalam mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam konteks komunikasi. Materi yang diujikan biasanya mencakup teks-teks fungsional pendek, teks naratif, deskriptif, recount, explanation, serta berbagai struktur tata bahasa seperti conditional sentences, passive voice, reported speech, gerunds, dan infinitives.
Pada tahun 2018, soal-soal ujian dirancang untuk menguji kompetensi dasar sesuai K13, yang berfokus pada kemampuan siswa dalam memahami dan memproduksi teks lisan maupun tulis. Oleh karena itu, soal-soal tidak hanya menguji hafalan, tetapi juga pemahaman kontekstual dan analisis. Memahami format dan jenis soal yang sering muncul adalah kunci untuk persiapan yang efektif.
I. Kompetensi Dasar dan Materi Utama Kelas 10 Semester 2 (2018)
Sesuai Kurikulum 2013, beberapa kompetensi dasar dan materi utama yang menjadi fokus di kelas 10 semester 2 meliputi:
- Teks Naratif (Narrative Text): Memahami struktur (orientation, complication, resolution) dan unsur kebahasaan (past tense, action verbs, conjunctions of time) dari cerita fiksi, legenda, atau dongeng.
- Teks Deskriptif (Descriptive Text): Mengidentifikasi ciri-ciri, fungsi sosial, dan struktur teks deskriptif tentang orang, tempat, atau benda.
- Teks Recount (Recount Text): Memahami dan menulis kembali peristiwa masa lalu (personal experience, historical event) dengan urutan kronologis.
- Teks Explanation (Explanation Text): Mengidentifikasi dan menjelaskan fenomena alam atau sosial dengan urutan sebab-akibat.
- Fungsi Sosial dan Unsur Kebahasaan:
- Conditional Sentences (Tipe 1, 2, dan pengenalan Tipe 3): Kalimat pengandaian untuk menyatakan kemungkinan atau situasi yang tidak nyata.
- Passive Voice: Kalimat pasif untuk menekankan objek atau tindakan, bukan pelaku.
- Reported Speech (Indirect Speech): Mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung.
- Gerunds dan Infinitives: Penggunaan kata kerja sebagai kata benda (gerund) atau setelah kata kerja tertentu/untuk tujuan (infinitive).
- Modal Verbs: Review dan penggunaan lebih lanjut (e.g., should, must, might, could).
- Vocabulary: Kosakata terkait dengan topik-topik teks yang dipelajari.
II. Format Soal Ujian Umum
Secara umum, soal ujian Bahasa Inggris Kelas 10 Semester 2 tahun 2018 terbagi menjadi beberapa bagian:
- Pilihan Ganda (Multiple Choice): Bagian terbesar, meliputi pemahaman bacaan (reading comprehension), tata bahasa (grammar), dan kosakata (vocabulary).
- Esai/Isian Singkat (Essay/Short Answer): Bisa berupa melengkapi dialog, menyusun kalimat acak, atau menulis paragraf pendek.
III. Contoh Soal dan Pembahasan
Berikut adalah beberapa contoh soal yang representatif untuk ujian Bahasa Inggris Kelas 10 Semester 2 tahun 2018, beserta pembahasannya:
A. Reading Comprehension (Pemahaman Bacaan)
Teks Naratif (Legenda):
Read the following text carefully to answer questions 1-4.
The Legend of Toba Lake
Long ago, in a village in North Sumatra, lived a young farmer named Toba. He was an orphan and lived alone by farming and fishing. One day, he caught a very beautiful golden fish. Surprisingly, the fish transformed into a beautiful woman. She told Toba that she was a princess who had been cursed. She agreed to marry Toba on one condition: Toba must never tell anyone about her origin as a fish. Toba promised.
They got married and later had a son named Samosir. Samosir was a very greedy child. One day, his mother asked him to deliver food to his father in the field. On the way, Samosir ate most of the food. When he arrived, his father was very angry. Toba, without thinking, shouted, "You greedy child! You are the son of a fish!"
As soon as Toba uttered those words, the sky became dark, and heavy rain started to fall. The earth trembled, and a huge flood began. The woman and Samosir disappeared. From the ground where they stood, a spring emerged, forming a vast lake. The lake is now known as Toba Lake, and the small island in the middle is called Samosir Island.
Questions:
-
What is the main idea of the second paragraph?
A. Toba’s marriage to the princess.
B. The birth of Toba and the princess’s son.
C. Samosir’s greed and Toba’s broken promise.
D. The origin of Toba Lake. -
What was the promise Toba made to the princess?
A. He would always bring her fish.
B. He would never tell anyone about her true identity.
C. He would build a big house for her.
D. He would take care of Samosir. -
The word "uttered" in the third paragraph is closest in meaning to…
A. whispered
B. shouted
C. spoke
D. wrote -
What moral lesson can we learn from the story?
A. We should always be grateful for what we have.
B. We should never break a promise.
C. We should not be greedy like Samosir.
D. Both B and C are correct.
Pembahasan:
- Jawaban: C.
- Paragraf kedua menceritakan tentang kelahiran Samosir, sifat serakahnya, dan bagaimana Toba melanggar janjinya dengan memanggil Samosir "anak ikan." Pilihan A hanya sebagian kecil. Pilihan B adalah fakta tetapi bukan ide utama. Pilihan D adalah hasil akhir dari cerita, bukan ide utama paragraf kedua.
- Jawaban: B.
- Pada paragraf pertama disebutkan, "She agreed to marry Toba on one condition: Toba must never tell anyone about her origin as a fish. Toba promised." Ini secara jelas menyatakan janji Toba.
- Jawaban: C.
- Kata "uttered" berarti mengucapkan atau mengatakan. Meskipun Toba "shouted" (berteriak) kalimatnya, "uttered" sendiri lebih umum berarti "spoke" (berbicara/mengucapkan). "Whispered" (berbisik) adalah kebalikannya, dan "wrote" (menulis) jelas salah.
- Jawaban: D.
- Dari cerita ini, kita belajar dua hal penting: Toba melanggar janji, yang mengakibatkan bencana (jangan melanggar janji). Samosir serakah, yang memicu kemarahan Toba (jangan serakah). Oleh karena itu, kedua pilihan B dan C adalah pelajaran moral yang relevan.
B. Grammar (Tata Bahasa)
Choose the best answer to complete the sentences.
-
If I (be) a bird, I (fly) around the world.
A. am, will fly
B. was, would fly
C. were, would fly
D. had been, would have flown -
The old house ____ (renovate) next month by a team of builders.
A. is renovating
B. will renovate
C. will be renovated
D. has renovated -
My teacher asked me, "Why are you late?" My teacher asked me why ____ late.
A. I was
B. I am
C. are you
D. was I -
She avoids ____ (eat) fast food because she wants to stay healthy.
A. to eat
B. eating
C. eat
D. ate
Pembahasan:
- Jawaban: C.
- Ini adalah Conditional Sentence Type 2, yang digunakan untuk menyatakan situasi yang tidak nyata atau tidak mungkin terjadi di masa sekarang. Struktur: If + Subject + Simple Past (V2), Subject + would/could/might + V1. Untuk "be" dalam Type 2, selalu menggunakan "were" untuk semua subjek.
- Jawaban: C.
- Kalimat ini dalam bentuk Passive Voice (kalimat pasif) karena objek ("The old house") yang menerima tindakan. Frasa "next month" menunjukkan masa depan. Struktur Future Passive: Subject + will be + V3.
- Jawaban: A.
- Ini adalah Reported Speech (Indirect Question). Ketika mengubah pertanyaan langsung menjadi tidak langsung, kita mengubah urutan kata menjadi seperti kalimat pernyataan (Subject + Verb), dan menyesuaikan tense. "Are you late" (Present Simple) menjadi "I was late" (Past Simple).
- Jawaban: B.
- Kata kerja "avoid" diikuti oleh gerund (kata kerja + -ing). Beberapa kata kerja seperti enjoy, finish, mind, avoid, suggest selalu diikuti oleh gerund.
C. Vocabulary (Kosakata)
Choose the word that has the closest meaning to the underlined word.
-
The ancient temple was a truly magnificent structure.
A. tiny
B. ordinary
C. splendid
D. dull -
Despite the heavy rain, the children remained enthusiastic about playing outside.
A. gloomy
B. excited
C. reluctant
D. calm
Pembahasan:
- Jawaban: C.
- "Magnificent" berarti megah, luar biasa indah. "Splendid" memiliki arti yang sangat dekat, yaitu indah, megah, atau hebat. "Tiny" (kecil), "ordinary" (biasa), dan "dull" (membosankan) adalah antonim atau tidak relevan.
- Jawaban: B.
- "Enthusiastic" berarti bersemangat atau antusias. "Excited" adalah sinonim yang tepat. "Gloomy" (murung), "reluctant" (enggan), dan "calm" (tenang) adalah antonim atau tidak sesuai konteks.
D. Dialogue Completion / Rearranging Sentences (Melengkapi Dialog / Menyusun Kalimat)
11. Complete the following dialogue with the most appropriate expression.
Rina: "I think watching too much TV can have negative effects on our health."
Budi: "____. It can make our eyes tired and reduce physical activity."
A. I don’t think so.
B. I totally agree with you.
C. I’m not sure about that.
D. What do you mean?
Pembahasan:
- Jawaban: B.
- Budi melanjutkan argumen Rina dengan memberikan alasan yang mendukung pernyataan Rina ("It can make our eyes tired and reduce physical activity"). Ini menunjukkan persetujuan penuh, sehingga "I totally agree with you" adalah pilihan yang paling tepat.
12. Rearrange the following sentences into a good paragraph.
- He usually wakes up early and prepares his breakfast.
- My father is a diligent and hardworking man.
- After that, he goes to work by motorcycle.
- He always makes sure everything is ready before leaving.
- He works as an engineer in a big company.
Urutan yang benar adalah:
A. 2-5-1-4-3
B. 2-1-3-5-4
C. 5-2-1-4-3
D. 1-2-5-4-3
Pembahasan:
- Jawaban: A.
- Urutan yang logis dimulai dengan memperkenalkan subjek (Ayah saya), lalu pekerjaannya, kemudian rutinitas paginya.
- (2) My father is a diligent and hardworking man. (Kalimat pembuka, memperkenalkan ayah)
- (5) He works as an engineer in a big company. (Menjelaskan pekerjaan ayah)
- (1) He usually wakes up early and prepares his breakfast. (Memulai rutinitas pagi)
- (4) He always makes sure everything is ready before leaving. (Detail tentang persiapan)
- (3) After that, he goes to work by motorcycle. (Menutup rutinitas pagi dengan berangkat kerja)
- Urutan yang logis dimulai dengan memperkenalkan subjek (Ayah saya), lalu pekerjaannya, kemudian rutinitas paginya.
IV. Strategi dan Tips Sukses Menghadapi Ujian
Untuk meraih hasil maksimal dalam ujian Bahasa Inggris Kelas 10 Semester 2, pertimbangkan strategi berikut:
- Pahami Jenis Teks: Identifikasi ciri-ciri, fungsi sosial, dan struktur setiap jenis teks (naratif, deskriptif, recount, explanation). Ini akan membantu Anda dalam memahami maksud penulis dan menjawab pertanyaan pemahaman.
- Kuasai Tata Bahasa Dasar: Luangkan waktu untuk memahami Conditional Sentences, Passive Voice, Reported Speech, dan penggunaan Gerunds/Infinitives. Latihan mengerjakan soal tata bahasa secara rutin akan sangat membantu. Ingat, grammar bukan hanya hafalan rumus, tapi pemahaman konteks penggunaannya.
- Perkaya Kosakata: Baca teks-teks Bahasa Inggris secara rutin, catat kata-kata baru, dan cari artinya. Pahami juga sinonim dan antonim karena sering muncul dalam soal. Gunakan flashcards atau aplikasi kosakata untuk membantu menghafal.
- Latihan Pemahaman Bacaan: Sering-seringlah membaca berbagai jenis teks. Fokus pada menemukan ide pokok, detail spesifik, inferensi (kesimpulan), dan makna kata dalam konteks. Latih kemampuan skimming (membaca cepat untuk ide utama) dan scanning (mencari informasi spesifik).
- Manajemen Waktu: Saat ujian, alokasikan waktu secara bijak. Jangan terlalu lama pada satu soal. Jika menemui soal sulit, lewati dulu dan kembali lagi nanti.
- Tinjau Ulang Soal-Soal Sebelumnya: Jika tersedia, pelajari soal-soal ujian tahun-tahun sebelumnya atau contoh soal dari guru. Ini akan memberikan gambaran tentang gaya dan tingkat kesulitan soal.
- Jangan Panik: Tetap tenang dan fokus. Baca setiap soal dengan cermat sebelum menjawab. Percayalah pada persiapan Anda.
- Praktik Menulis Singkat: Latih kemampuan menyusun kalimat dan paragraf sederhana. Ini berguna untuk soal esai atau menyusun kalimat acak.
Kesimpulan
Ujian Bahasa Inggris Kelas 10 Semester 2 tahun 2018, dengan landasan Kurikulum 2013, menuntut siswa untuk tidak hanya menguasai teori, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam berbagai konteks komunikasi. Dengan memahami jenis-jenis soal yang representatif, menguasai materi tata bahasa dan kosakata, serta menerapkan strategi belajar yang efektif, setiap siswa memiliki peluang besar untuk meraih nilai yang memuaskan. Kunci utamanya adalah konsistensi dalam belajar dan keberanian untuk terus berlatih. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai panduan persiapan Anda!